Available courses

Sistem informasi manajemen atau SIM (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

Mata kuliah ini bertujuan untuk membahas teori dasar kewirausahaan mulai dari bagaimana merintis suatu usaha, mengelola  pertumbuhannya,  menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam organisasi besar sekalipun, dan menjaga kesinambungan usaha. Mata kuliah ini juga mendorong terbentuknya generasi masa depan Indonesia yang bermental wirausaha dengan ciri-ciri umum seperti mandiri, memberikan manfaat pada orang lain, spiritualis, berkemampuan membuka peluang bisnis, berani, moralis, kreatif inovatif (“panjang akal”), jujur, tangguh (“tahan banting“), tidak mudah menyerah, berkemampuan membangun institusi berkelanjutan, cepat bangkit kembali, berjiwa pionir dalam mempelopori kebaikan dan perubahan menuju perbaikan.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan dasar-dasar pengetahuan tentang manajemen organisasi serta perkembangan pemikiran dan praktiknya dari masa ke masa. Mata kuliah ini menaruh perhatian utama pada proses manajemen organisasi yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengarahan,  dan pengendalian serta penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan pendekatan menyeluruh (integrated) dalam memahami bisnis sebelum mendalami aspek-aspek operasional yang lebih spesifik. Mata kuliah ini membahas tentang lingkungan yang dihadapi bisnis, bagaimana cara bisnis mempengaruhinya, bentuk kepemilikian bisnis, dan pengelolaan sumber daya oleh bisnis guna mencapai tujuannya.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan kosep dan teknik matematika yang sering digunakan untuk menganalisis masalah ekonomi, keuangan, maupun bisnis. Mata kuliah ini memberikan pemahaman serta keterampilan untuk menganalisis masalah yang memiliki banyak variabel sehingga diperoleh arah serta besaran perubahan setiap variabel. Mata kuliah ini menekankan pada pembahasan fungsi, matriks, fungsi derivatif, integral, dan linear programming beserta variasinya sehingga mampu untuk melakukan analisis statik pada persamaan linier serta menyelesaikan masalah optimisasi bebas/linier berkendala

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep dasar akuntansi serta kegunaan laporan keuangan secara umum. Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang tahapan dalam siklus akuntansi – baik pada perusahaan dagang maupun jasa – serta keterampilan untuk menerapkan konsep, prosedur, dan teknik pencatatan pada pos-pos kas dan bank, piutang, hutang, persediaan, aktiva tetap, dan aktiva tak berwujud. Mata kuliah ini juga diarahkan untuk memperkenalkan tentang pencatatan pos-pos aktiva pada neraca sesuai dengan standar akuntansi keuangan

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan latar belakang teori ekonomi serta gambaran menyeluruh tentang mikroekonomi dan peranannya dalam masyarakat. Mata kuliah ini memberikan pemahaman serta keterampilan tentang penjelasan mikroekonomi melalui diagram dan rumus yang sederhana dengan penerapan kalkulus elementer. Mata kuliah ini memberikan fokus pada pembahasan permintaan-penawaran, konsep pasar dan harga, perilaku umum pasar dan interaksi antar pemain di pasar, struktur pasar, strategi kompetitif dan keseimbangan umum, konsep elastisitas penawaran-permintaan dan aplikasinya, serta pola interaksi konsumen-produsen dan efisiensi pasar.